Laman

Rabu, 06 Februari 2013

KEJUJURAN HIDUP

 FILOSOFI HIDUP

Jujur mungkin tidak selalu memberimu teman yang banyak, tapi dia selalu memberimu teman yang baik, kehidupan maupun rezeki yang baik.


LELUCON


Istri Tidak Mau Berbicara Selama Seminggu

Join to : http://www.galeriterapiakupunktur.blogspot.com

Joe sedang kelihatan cukup tertekan. "Ada apa?" tanya temannya.

"Istriku dan aku bertengkar hebat," jelas Joe, "dan dia bilang dia tidak mau berbicara kepadaku selama seminggu penuh."

"Tapi, bukan ini adalah hal yang baik karena dia tidak berbicara dengan kamu?" tanya temannya.

"Ya, tetapi hari ini adalah hari terakhir..."


TIPITAKA

Kisah Samanera Sumana

Samanera Sumana adalah murid dari Anuruddha Thera. Meskipun ia baru berusia tujuh tahun, tetapi ia telah mencapai tingkat kesucian arahat, dan memiliki kemampuan batin luar biasa. Suatu saat, ketika gurunya, Anuruddha Thera, jatuh sakit di vihara yang berada di lereng pegunungan Himalaya, ia mengambil air dari danau Anotatta yang jauhnya lima ratus yojana dari vihara. Perjalanan itu tidak dilakukan dengan jalan darat, tetapi melalui jalan udara (terbang) berkat kemampuan batin luar biasanya. Suatu hari, Anuruddha Thera membawa Samanera Sumana menghadap Sang Buddha, yang saat itu sedang berdiam di Vihara Pubbarama sebuah vihara persembahan Visakha.

Di sana, para bhikkhu muda dan samanera mengganggu Samanera Sumana, dengan menepuk kepalanya, memegang telinganya, hidungnya, tangannya, dan bersendau gurau menanyakan apa ia tidak merasa bosan. Sang Buddha melihat mereka, dan berpikir bahwa akan menunjukkan kepada para bhikkhu suatu kualitas luar biasa dari Samanera Sumana yang masih muda.

Sudah direncanakan oleh Sang Buddha bahwa beliau berharap beberapa samanera mengambil air satu guci dari danau Anotatta. Y.A.Ananda mencari di antara para bhikkhu dan samanera yang berdiam di Vihara Pubbarama yang dapat melakukan pekerjaan itu, tetapi tidak ada satupun yang dapat melaksanakan tugas itu. Akhirnya, Y.A.Ananda meminta Samanera Sumana yang telah siap untuk mengambil air dari danau Anotatta.

Ia mengambil sebuah guci emas besar milik vihara dan segera membawa air dari danau Anotatta untuk Sang Buddha. Seperti hal sebelumnya, ia pergi ke danau Anotatta dan kembali ke vihara melalui jalan udara berkat kemampuan batin luar biasanya.

Pada saat pertemuan para bhikkhu sore hari, para bhikkhu bercerita kepada Sang Buddha perihal perjalanan luar biasa yang telah dilakukan oleh Samanera Sumana.

Kepada mereka Sang Buddha berkata, “Para bhikkhu, seseorang yang melaksanakan Dhamma dengan tekun dan bersemangat, akan dapat memiliki kemampuan batin luar biasa meskipun usianya masih muda.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 382 berikut :

Walaupun seorang bhikkhu masih berusia muda,
namun bila ia tekun menghayati ajaran Sang Buddha,
maka ia akan menerangi dunia ini,
bagaikan bulan yang terbebas dari awan.


VEGETARIAN

Vegetarian, Selamatkan Anda dari Serangan Jantung dan Stroke

Penelitian Inggris, yang menyebutkan bahwa vegetarian memiliki risiko sepertiga lebih kecil dalam menderita sakit jantung daripada yang mengonsumsi daging dan ikan, kembali menegaskan bahwa keputusan menghindari daging adalah hal baik.

Penelitian sebelumnya juga menyatakan orang tidak mengonsumsi daging memiliki lebih sedikit masalah jantung, kata peneliti dalam Jurnal Amerika tentang Nutrisi Klinis, namun tidak jelas apakah ada perbedaan gaya hidup lain, seperti kebiasaan olahraga dan merokok, yang mungkin juga berpengaruh.
“Kami dapat menjadi sedikit lebih yakin bahwa sesuatu dalam diet vegetarian-lah yang menyebabkan kelompok vegetarian memiliki resiko yang lebih rendah untuk menderita penyakit jantung, “kata Francesca Crowe, yang memimpin penelitian baru itu di Universitas Oxford.

Crowe dan rekan-rekannya melakukan pengamatan pada hampir 45 ribu orang yang tinggal di Inggris dan Skotlandia yang awalnya melaporkan diet, gaya hidup dan kesehatan umum mereka pada 1990-an. Pada awal penelitian, sekitar sepertiga dari peserta mengatakan mereka mengonsumsi diet vegetarian, tanpa daging atau ikan.

Selama 11 sampai 12 tahun mendatang, 1.086 dari subyek penelitian
dirawat di rumah sakit untuk penyakit jantung, termasuk serangan jantung, dan 169 orang diantaranya meninggal dunia.

Setelah memperhitungkan usia peserta, kebiasaan olahraga dan tindakan kesehatan lainnya, tim peneliti menemukan bahwa kelompok vegetarian memiliki peluang 32 persen lebih rendah untuk mengalami serangan  jantung dibandingkan kelompok yang mengonsumsi daging. Bila faktor berat badan diperhitungkan maka peluang tersebut turun menjadi 28 persen.
Risiko penyakit jantung yang lebih rendah itu mungkin disebabkan oleh karena penurunan kadar kolesterol dan tekanan darah di kalangan vegetarian dalam penelitian itu, kata para peneliti.

Kelompok yang mengonsumsi daging memiliki jumlah kolesterol total rata-rata 222 mg / dL dan tekanan darah sistolik – angka di bagian atas saat membaca tekanan darah – sebesar 134 mm Hg, dibandingkan dengan total kolesterol 203 mg / dL dan tekanan darah sistolik 131 mm Hg untuk kalangan vegetarian.
Tekanan darah diastolik – angka yang lebih rendah – terbilang setara di antara kedua kelompok itu.

Crowe mengatakan perbedaan kadar kolesterol antara orang yang mengonsumsi daging dan vegetarian adalah setara dengan sekitar setengah manfaat dari seseorang yang mengonsumsi obat statin.

Efek itu setidaknya mungkin karena kurangnya kadar daging merah, terutama daging tinggi lemak jenuh, dalam diet vegetarian, katanya. Tambahan buah-buahan, sayuran dan serat yang lebih tinggi dalam diet kelompok vegetarian juga bisa jadi memiliki peran.

“Jika seseorang ingin mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengubah diet mereka, salah satu cara untuk melakukan itu adalah  dengan mengikuti diet vegetarian, “kata Crowe.

Namun, hanya menghentikan konsumsi lemak jenuh juga dapat membuat perbedaan. Mentega, es krim, keju dan daging semua biasanya
mengandung lemak jenuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar