Laman

Rabu, 26 Januari 2011

RASA TERIMA KASIH

FILOSOFI HIDUP

Ingatlah selalu.
Kebaikan Hati Mahluk Hidup Lain :
Balaslah Budi Mereka dengan Penuh Rasa Terima Kasih


LELUCON

Gangguan Obsesif Kompulsif

Sebuah kelompok Stanford Penelitian medis memasang iklan untuk mencari peserta dalam studi gangguan obsesif-kompulsif.

Mereka mencari klien terapi yang telah didiagnosis dengan gangguan ini. Responnya memuaskan, mereka mendapat 300 tanggapan sehari setelah iklan dimuat. Semua dari satu orang yang sama.


TIPITAKA

Kisah Banyak Bhikkhu

Dalam bulan pertama mereka berdiam di pinggir kota, para bhikkhu diperlakukan dan dirawat dengan baik oleh penduduk kota tersebut. Bulan berikutnya, kota itu dijarah oleh beberapa perampok, bahkan beberapa penduduk diculik sebagai sandera. Karena itu penduduk kota harus memperbaiki kota mereka dan memperkuat pertahanan, sehingga penduduk tidak lagi memperhatikan kebutuhan para bhikkhu sebanyak mereka inginkan, dan para bhikkhu harus menjaga diri mereka sendiri.

Pada akhir masa vassa, para bhikkhu tersebut datang untuk memberi hormat pada Sang Buddha di Vihara Jetavana, Savatti. Ketika mengetahui kesulitan yang mereka lewati selama masa vassa, Sang Buddha berkata kepada mereka, “Para bhikkhu, jangan terus berpikir tentang ini atau hal lainnya. Memang sulit untuk mempunyai suatu kehidupan yang tanpa masalah sama sekali. Seperti halnya penduduk kota tersebut menjaga kota mereka, demikian pula seorang bhikkhu seharusnya menjaga dan memelihara dan pikirannya tetap pada tubuhnya.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair 315 berikut :

Bagaikan perbatasan negara
yang dijaga kuat di bagian dalam dan luar,
begitu pula seharusnya engkau menjaga dirimu;
janganlah membiarkan kesempatan baik
(dalam era ajaran Sang Buddha) ini berlalu.
Karena mereka yang melepaskan kesempatan ini
akan bersedih hati
bila nanti berada di alam neraka.

Para bhikkhu tersebut mencapai tingkat kesucian arahat, setelah khotbah Dhamma berakhir.


VEGETARIAN

9 Pilihan Protein Terbaik Dalam Diet Vegetarian

Ketika Anda memutuskan untuk tidak makan ikan, unggas atau daging, maka Anda tetap harus memastikan tubuh Anda menerima jumlah protein yang memadai setiap harinya. Dengan berbagai pendekatan dan perencanaan pola diet sehari-hari yang tepat dapat memberikan Anda asupan gizi yang memadai.

Mengenal Tipe Vegetarian
Pada dasarnya ada banyak jenis atau tipe vegetarian. Namun, jika dilihat dari jenis dan jumlah produk hewani yang dapat dikonsumsi, maka tipe vegetarian ini secara luas diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yaitu:

* Lacto-Ovo-Vegetarian: Tidak mengkonsumsi daging merah, ayam atau ikan, namun mengkonsumsi produk susu dan telur.
*Lacto-Vegetarian: Tidak mengkonsumsi daging dan telur, namun mengkonsumsi susu.
*Vegan: Tidak mengkonsumsi daging, telur dan susu atau produk hewan apapun.

Sumber Protein Bagi Diet Vegetarian
Makan berbagai jenis makanan seperti dibawah ini, dengan jumlah yang cukup setiap hari, akan membantu Anda memenuhi kebutuhan protein sehari-hari:

1. Kacang-kacangan– Anda dapat konsumsi kacang panjang, kacang polong, white bean, lentil, kacang merah, kacang hijau, kacang mete, kacang tanah, kenari dan almond.

2.Produk susu– terdiri dari semua produk yang terbuat dari susu. Pilih susu, yogurt dan keju yang tanpa atau rendah lemak, untuk konsumsi harian Anda. Carilah produk yang mengandung sedikit atau tanpa bahan pengawet dan aditif. Salah satu yang bisa Anda konsumsi adalah Prostar Whey Protein, susu tinggi protein dengan kandungan lemak dan gula yang rendah.

3. Sereal & biji-bijian– Anda bisa konsumsi berbagai jenis tanaman serealia, seperti gandum dan produk olahannya, oat, dan sebagainya.

4. Ganggang (Algae)– Ganggang biru-hijau, salah satu contoh yang sudah dikenal yaitu spirulina, adalah kelompok dari 1500 jenis tumbuhan air mikroskopik. Dua jenis yang paling umum dikonsumsi oleh manusia yaitu Spirulina maxima dan Spirulina platensis.

5.Kedelai – merupakan sumber tanaman terkaya akan protein berkualitas tinggi. Anda juga dapat memilih Soy Protein dari Ultimate Nutrition sebagai sumber protein nabati berkualitas terbaik.

6.Seitan – telah digunakan di Asia sebagai sumber protein dan pengganti daging selama ratusan tahun. Protein pati atau gluten, direbus dalam kaldu yang dibumbui dengan saus kedelai untuk menjadi seitan.

7.Sayuran – sarat akan vitamin dan mineral penting untuk berbagai kebutuhan tubuh kita dan telah terbukti memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit. Contoh: kacang polong, jagung, brokoli direbus setengah matang, daun collard, kol, lobak dan sebagainya.

8. Buah-buahan – merupakan tanaman yang dapat memberikan jumlah yang cukup asam amino esensial ketika berbagai makanan nabati telah dikonsumsi dan kebutuhan energi telah terpenuhi.

9.Telur – merupakan sumber protein yang sangat baik dan mengandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia serta memiliki daya cerna yang tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar